Monday, October 22, 2012

Olav Samuel Pohan for "bedrieger" ? - Part 7

Friendly reminder: bacanya per tahap ya mulai dari Part 1.. Supaya tidak menimbulkan kebingungan dan perkembangan cerita yang salah.. :D

Minggu lalu, tiba2 gw punya kenalan baru yaitu pihak Art Sound Studio yang ternyata udah baca blog gw 'n nunggu lanjutannya. Setelah beberapa kali perbincangan via bbm, ybs memberikan rincian percakapannya dengan OP soal pembatalan penggunaan Jasa Art Sound Studio untuk Juror Concert yang ternyata dilakukan di hari H, hanya hitungan jam sebelum Juror Concert diadakan. Berikut gw copas isi percakapan mereka tanpa mengubah sedikit pun:
Date: Friday, September 28, 2012, 7:13 PM
>
> Participants:
> -------------
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta", Olav.Pohan
>
> Messages:
> ---------
> Olav.Pohan:
> Alow.maaf baru bales. Td jalan buru2 malah  ketinggalan.
> Buku rekening baru di kasih besok.jd baru bs bergerak stlh
> besok. Maaf sekali atas keterlambatannya.
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Besok teruuusss... :D
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Mas, saya sih orangnya blak-blakan aja nih... Biar gak
> mengganjal.
> Olav.Pohan:
> Gpp mas
> Olav.Pohan:
> Harusnya aku yg minta maaf
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Tadi kebetulan saya ngobrol-ngobrol sama teman-teman disini,
> dan nggak sengaja nyebut nama Mas Olav...
> Olav.Pohan:
> X_X
> Olav.Pohan:
> Siapa mas ?
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Saya nggak cerita apa-apa... Tapi mendadak saya dapat banyak
> cerita mengenai Mas Olav dari masa lalu.
> Olav.Pohan:
> Siapa org nya mas
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Entah benar atau tidak (saya tidak mau dan tidak perlu
> mengclearkan juga, bukan urusan saya), yang jelas, ada
> cerita Mas Olav bawa lari uang orkes, dan ada masalah dengan
> payment kur-kur...
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Dan saya diceritakan soal Mas Olav digiring oleh Harland ke
> ATM ketika ada kelalaian pembayaran. Saat anaknya sakit.
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Macam-macam...
> Olav.Pohan:
> Itu soal dulu.saya bahkan pun tidak dibayar oleh
> penyelenggara mas. Krn saya di kontrak juga. Kecuali saya
> penyelenggara nya.
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Saya mendengarkan aja dengan seksama...
> Olav.Pohan:
> Kalo bole tau siapa
> Olav.Pohan:
> Harland sampe aku bayar pake uang sendiri mas
> Olav.Pohan:
> Yg recording kah ?
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Saya nggak mau menambahi, gak mau menghakimi, yang jelas,
> saya pengen urusan kita beres.
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Percayalah, Mas... Nggak baik nambah masalah.
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Jadi, saya nggak berkenan dengar alasan yang kesannya
> mengulur waktu.
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Lebih baik blak-blakan juga, supaya sama-sama enak.
> Olav.Pohan:
> Saya pastikan senin sudah terbayar
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Kalau memang ada masalah dengan JCS, ya tolong saya dikasih
> tau, supaya gak capek nanya tiap hari.
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Kan saya bisa pakai cara yang lebih singkat dan nggak makan
> waktu, seperti kirim orang datang ke rapat JCS besok. Biar
> kelar langsung.
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Saya nggak berkenan metodenya, Mas... Bukan nominalnya.
> Olav.Pohan:
> Maaf sekali mas
> Olav.Pohan:
> Bukan mau ulur waktu
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Jujur aja, saya sudah dalam taraf merasa dikerjain dan
> diulur-ulur.
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Kronologisnya...
> Olav.Pohan:
> Ok coba saya cari dulu. Malam ini ada lgs kirim ya.
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> - Semuanya sibuk, jadi gak sempat DP, gak transfer...
> - Mas Olav masuk UGD, gak transfer... (Padahal bendahara
> bukan Mas Olav...)
> - Bendahara bilang sibuk pulangnya midnight melulu, gak
> transfer...
> - Kartu ATM patah, gak transfer...
> - Buku tabungan baru jadi besok, gak transfer...
> - Besok apa alasannya?
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Pembatalan atas sebuah pemesanan pekerjaan jasa itu biasa.
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Yang tidak biasa adalah perkara penguluran seperti ini.
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Supaya Mas Olav tau, kami usaha sudah sejak 1997, client
> sudah nembus 1.300 nama... Dan saya bermasalah dengan
> keuangan pembayaran, nggak nyampe 5x totalnya. Dan rata-rata
> nominal besar puluhan juta rupiah, yang disebabkan oleh
> adanya maling didalam sebuah group.
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Saya sungguh tidak suka 'dikerjain' lho... Saya melayani
> client sebaik mungkin.
> Olav.Pohan:
> Maaf sekali mas
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Kalau client ada yang bersikap nggak baik, saya jadi punya
> hak untuk balik bersikap nggak baik, dengan cara saya (kami)
> sendiri.
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Cmon lah... Ini urusan 1.5jt...
> Olav.Pohan:
> Iya mas
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Bukan 15jt atau 150jt...
> Olav.Pohan:
> Coba aku usahakan dl ya malam ini mudah2an bisa dikirim.
> Olav.Pohan:
> Iya aku ngerti
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Kita bisa selesaikan urusan ini baik-baik, dan case closed
> dalam 1 jam kedepan. Yang dibutuhkan cuma niatnya.
> "ARTSOUND STUDIO™ Jakarta":
> Terima kasih ya.
> Olav.Pohan:
> Sama2 trima kasih mas.

Trims buat pihak Art Sound Studio yang mau membeberkan sedikit percakapan simple tapi sangat berarti ini, paling engga ini jadi referensi tambahan tentang jenis kebohongan OP. Yang pasti OP gak pernah masuk UGD seinget gw :D. Jadi percakapan itu tentang biaya pembatalan jasa yang belum dibayarkan OP. Ternyata OP sempat berencana menggunakan Art Sound Studio untuk rekaman Juror Concert. Tapi pada hari H membatalkan dan mengalihkan project rekaman pada Bang T. Info tambahan dari pihak Art Sound Studio adalah setelah diancam seperti di atas pun, OP baru melakukan pembayaran kira2 seminggu kemudian.. Sementara percakapan ini terjadi tgl 28 Sept 2012, tanggal berangkat yg direncanakan. Kalo emang sponsornya adalah keluarga OP sendiri, masa iya sesulit itu mencari uangnya. Ini salah satu alasan kita berfikir bahwa ada Donatur yang sudah dirugikan di belakang masalah ini. Tapi siapakah donaturnya??? Kita juga gak ada yang tau.
Sampai sekarang gw gak bisa berhenti menyesalkan banyaknya uang yang sudah terbuang. Coba dari awal OP jujur aja kalo dia punya Donatur untuk kegiatan ini, bukan malah berlagak tajir dan bilang ini semua dibiayai ortunya. Bahkan kalo dana kurang pun, anggota siap koq turun tangan keroyokan cari dana. Melalui curcol2an dengan JCS Perjuangan, kita ketemu satu kesamaan. Kita mau diajak bergabung ke tim JCS terutama bukan karena dibiayai segala2nya, tapi karena ada mimpi bernyanyi di Eropah. Gratis dan dibayar itu kita anggap bonus. Seandainya pun dari awal dikatakan masih ada kekurangan dana, hayuk kita cari bareng2. Dan kalau saja semua berjalan baik, OP pun bisa menambahi jajaran nama baik keluarga Pohan. Sayang itu semua drama yang ada di otak gw, bukan yang ada di otak OP dkk.

Update kondisi yang saat ini terjadi adalah:
- belum ada perkembangan laporan di kepolisian (pakpol plizzzz dibantu dunk)
- JCS perjuangan membentuk satu tim choir baru yang mudah2an bisa mewujudkan mimpi seluruh anggota tim
- OP masih belum diketahui keberadaannya
- Pengurus yang tdd Eva, Santana, Jonggara dan 4 peserta setia yg tdd Frans, Thilda, Ronald dan Lyna sekarang sedang jalan2 keliling Asia dan dengan bangganya memamerkan foto2 mereka via bbm, fesbuk maupun twitter. Trimakasih banyak teman2, for being STUPID dan membarter "IMPIAN serta PRESTIGE untuk Fesival Paduan Suara di Eropah plus KEBENARAN" dengan "TUTUP MULUT dan MENIKMATI JALAN-JALAN KELILING ASIA." Kalau menurut kalian itu setimpal, POOR YOU ARE!!!
ada yang mau liat poto2nya??? Ini yang gw dapat dari dp bbm:
Jujur gw nyesek liat foto2 ini. Bukan karena gw gak bisa ikut jalan2 keliling Asia-nya, tp karena kecewa ada temen2 yang rela tutup mulut tentang semua kebohongan OP plus antek2nya hanya karena sebuah paket berisi 2,5 juta plus jalan2 keliling 4 negara Asia. Padahal Bang X (yang ngajak gw masuk tim ini dulu) juga ditawari untuk diam aja dan gak ikut2an protes di pertemuan terakhir, dengan iming2 keliling Asia. Emang bang X diem aja malam itu, tapi bukan karena terbujuk iming2, menurut gw siy lebih untuk menjaga tekanan darah tingginya (sabar ye bang, calm down biar tu tekanan darah gak naik2.. heheheh..). Trims untuk tetep pada impian 'kompetisi dan festival' bang, kalo lu ikut2an milih diem 'n kepincut tour keliling Asia gw pasti malu banget. Masa yang ngajak gw malah takluk pada iming2 sepele gt.. Hahahahah.. Akhir cerita ini belom happy ending, karena semuanya masi ngegantung. Belom ada yang jelas, karena OP masi belom berniat muncul dan pengurusnya pun masi asik liburan keliling Asia. Uang dari mana??? Who knows. 

Sekedar mempertegas, cerita ini bukan dongeng hasil khayalan gw. Ini yang gw alamin dalam 7 bulan terakhir yang gw rangkum dalam 7 Part. Cerita ini sekedar curhatan gw tentang geramnya gw pada orang2 yang tega menipu dan berpolitik dalam sebuah tim paduan suara. Tidak ada maksud sama sekali untuk mempermalukan keluarga Pohan. Karena dari keluarga Pohan yang pernah gw kenal dan cerita orang2 sekitar yang mengenal keluarga Pohan, yang sakit ya cuma Olav Samuel Pohan. Selebihnya adalah orang-orang hebat dan baik yang tak sengaja terseret namanya akibat perbuatan OP. Mohon maaf kepada keluarga besar Pohan terutama Bpk R. Pohan, Bpk. Y. Pohan dan Ibu F. Pohan, serta Ortu OP yang saat ini juga tidak bisa kami temukan, apabila tulisan ini menimbulkan suatu kedukaan di hati. Tulisan ini saya buat sebagai peringatan pada seluruh insan per-choir-an di Indonesia. Sehingga ke depannya tidak ada lagi orang2 yang terjebak dalam masalah serupa. Sampai sekarang yang kami harapkan adalah bisa menemukan donatur kegiatan selama ini dan tentunya kemunculan OP serta antek2nya untuk cerita yang sebenarnya dan pertanggungjawaban dari mereka. 

Harap dimengerti kalau belum ada epilog untuk cerita ini.. Sampai saat yang gak bisa gw tentukan, cerita ini berakhir sampai di sini. Tapi kalau ada lanjutan pasti gw update deh. Trimakasih banyak buat yang sudah membaca dan menyebarluaskan blog ini. Doakan tim kita yang baru terbentuk ya, semoga bisa menjadi salah satu tim choir kebanggaan Indonesia.  Eropah akan tetap jadi mimpi kita. Buat teman2 JCS perjuangan, cerita ini adalah cerita dari sisi gw doank. Mungkin masih banyak part2 kecil atau detail2 yang tertinggal. Teman2 bisa bantu comment di Part yang sesuai. Ke depannya tulisan ini masi mungkin gw update poto2nya. Karena ada protes dari temen yang bilang potonya kurang jelas, tapi sampe sekarang belum kirim poto dengan kualitas yang lebih baik *pelototin F :))

Oks, sekali lagi trims sudah membaca blog ini.. Semoga tidak pernah dan tidak akan pernah mengalami hal yang sama dengan yang gw alami ini :D



16 comments:

  1. Thx a lot..believe me when I say this, u never know how much this story means so....much to me and my family... God bless u!

    ReplyDelete
  2. Oya, satu komen lagi yah... Indonesia butuh banget org2 berani yg kritis kayak dirimu... klo ye punya fans club ik mo gabung dong.. btw sis. Berhubung sy tdk seberani dirimu, boleh japri kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih ke gemes sehingga lupa takut si kayanya.. hahahah.. ik gak punya fansclub karena ik merasa belum perlu #rendahhati #pedemampus #mintaditoyor :))

      Delete
    2. Sini tak toyor kamu, karena tulisanmu membuat adrenalinku membuncah *cieeee'ellahh*
      Saya prihatin dengan paduan suara (digereja) saya, jangan sampai terperosok pada hal-hal seperti itu. Saya melihat ada gejala-gejala yang mengarah kesana, walaupun baru pada tahap iming-iming konser di LN, huh...! :-)
      Btw, thanks sis! Blog-mu saya share ditime-line saya. Mudah-mudahan dibaca oleh insan per-choir-an (setidaknya) dilingkungan gereja saya.

      Delete
  3. Mudah-mudahan ini dapat membantu:
    Olav Samuel Pohan
    alamat: Jl. Salemba tengah XIII / 78b Jakarta Pusat Indonesia
    handphone: 081264482094
    email: orchestra21@yahoo.com

    ReplyDelete
  4. Thanks guys for comments.. Sori baru dibales sekarang.. Karena satu dan lain hal, emang udah gak pernah cek blog ini lagi. Fortunately, ada teman yang info ttg komen tak berbalas kalian.. heheheh..
    @mfisahsit jadi pengen tau cerita dari sisi kamu, hmmmm kalo tak kasi pin, nanti aku gak tau km yg mana kalo ada yg nge add, mending email2an dulu ya ke dyangeblog@ymail.com.. ditunggu emailnyaaa..
    @yesuscintasaya thnks so much for d info.. it means so much for us..
    Sebenernya pengen ngelanjutin dengan sedikit cerita terbaru.. moga2 dalam waktu dekat ada waktu buat nulis lagi ya.. ;)

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Kejadian terahir dengan si olav:Beberapa bulan yang lalu dia menawarkan busines SBLC kepada kami dan ternyata ketahuanlah bulan juni ini,bahwa semuanya adalah palsu termasuk MT799 dari Bank Turki,ICBPO,MT760, Swift transfer dari HSBC Bahrain dan Saldo rekening HSBC Hongkong,yang mengakibatkan kami menderita kerugian lebih dari 1M.Komplotan OP menyebar hingga ke Luar Negeri.Sementara itu OP minta agar ps JCS melayani ibadah minggu di HKBP Cikini dan itu terjadi duakali dan jemaat kami menyambut dan melayani mereka dengan baik.Juga olav minta agar ps JCS latihan tiap hari Rabu di gedung HKBP Cikini yang berlangsung hingga minggu ini.
    Pada tgl 23 Mei yang lalu,olav minta sertifikat asli ruko saya yang di Galaxy,karena katanya ada pembeli dan notaris,ingin meneliti kelengkapan surat-suratnya.Yang sialnya,semenjak itu,olav melarikan diri,tak dapat ditemukan lagi dan menurut orang-orang yang kenal dia,sudah digadaikan olav kepada orang lain,sehingga saya terpaksa memblokir ke BPN Bekasi. Karena itu saya melarang ps JCS untuk menggunakan gedung HKBP Cikini sebagai tempat latihan semenjak sekarang dan minta kepada para anggota ps JCS dan siapapun yang mengenal olav,untuk membantu memberitahukan kami,dimana keberadaan si olav sekarang dan demi nama baik ps JCS,sebaiknya para anggota,dapat membawa olav kepada kami,ataupun membantu agar si olav dapat mengembalikan sertifikat tersebut. Kami tidak keberatan kalau ps JCS masih ingin memanfaatkan gedung HKBP Cikini di waktu yad dengan syarat ,tidak boleh ada kaitan dengan olav.
    Bagi yang dapat memberi informasi tolong hubungi (021) 5485166 dan 08128607013, jc situmorang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi stevanus, barusan ada temen yg iseng cek youtube 'n ngasi tau ttg video yg diupload partai demokrat ttg olav.. Pas ngecek komennya liat request kamu yg minta info kalo ada yg nemu olav.. Jd keinget di blog ku ada yang pernah share alamat olav.. Br mau copas alamatnya yg dpt dr "yesuscintasaya" eh ternyata kamu udah nongol di blog ku jg.. Alamat di atas sudah di cek kah?

      Delete
    2. Alamatnya palsu dan polisi Bekasi Selatan,sudah cari juga di aprtemen Central Park,kontrakan di Depok namun belum tertangkap.Sekarang sudah masuk daftar pencarian polisi dan informasi apapun sangat diharapkan agar jangan lagi ada korban baru.

      Delete
  8. Fyi....fortuner dan innova disewa dari kami, driver fortuner aldo juga tidak dibayar.

    Alasannya gak byr waktu itu masuk RS, jd ksmi tunggu smp keluar rs.

    Setelah itu janji mau transfer, diundyr2 terus.

    Terakhir alasannya transfer blm masuk krn trf antar bank.

    Akhirnya firtuner saya tarik.

    Semua mbl op itu rent car!

    ReplyDelete
  9. Tanggal 23 Mei 2013,OP datang ke ruko kami di galaxy ,dengan pengakuan membawa calon pembeli dengan menggunakan Fortuner lengkap dengan drivernya B 184 GAK dan nomor ini telah kami berikan ke polisi,apakah itu milik saudara?Dan kalau ya,biar kami tarik kembali.
    Tanggal 13 July 2013,dia bersama kedua orangtuanya dengan menggunakan Avanza hitam lengkap dengan sopirdan teman sopir,datang ke bekas kontrakannya di Depok,mengangkut sebagian barang2nya.Sekiranya pemilik Avanza tersebut adalah anggota ps JCS,mohon bantuan informasi mengenai keberadaan OP,
    Kembali tanggal 16 July 2013,OP bersama kedua orangtuanya,datang lagi ke Depok untuk mengangkut barang2nya dengan menggunakan Isuzu B 1270 YE dan polisi sedang menelusuri pemilik mobil tersebut,yang tinggal didekat daerah Bekasi.
    Polisi sekarang sangat berupaya untuk melacak keberadaan OP dan mohon bantuan para pembaca dan seluruh anggota ps JCS yang dapat memberikan informasi apapun untuk membantu polisi,agar OP dapat cepat tertangkap.Terimakasih untuk segala bantuan informassi yang dapat kami terima.

    ReplyDelete
  10. Hi Stevannus, untuk alamat OP yg lain belum ada info lagi.. Untuk satu2nya alamat asli yaitu yang di depok, pernah ada yg nanyain ke sekitar, tp katanya emang udah gak pernah keliatan lg. Trims buat update kasusnya, ini tetap saya sebar ke teman2.. Moga2 bisa segera ketemu orangnya..

    Hi Henny,
    trims untuk tambahan infonya.. Iya bener semuanya emang rent car yg dipake si OP.. Selain yg dr kamu masi ada Alphard jg dr "burungbiru" :D

    *bertanya2kapankasus2OPinibakalkelar

    ReplyDelete
  11. Another case dr kaskus: http://www.kaskus.co.id/thread/523c7163148b46bb2c000004/wantedinfo-olav-pohan----reward-10jt----no-hoax/
    Siapa tau bisa saling koordinasi..

    ReplyDelete